Jumat, 31 Agustus 2012

Manfaat Lechitin dan Kegunaannya

hari ini saya lihat komentar di postingan sebelum nya tentang [Isu]Kode Lemak Babi di Makanan Berlabel Hallal yang memebri tahu tentang Lesitin

lantas saya juga ingin tau Lisitin itu apa.
menurut wikipedia Lesitin (bahasa Yunani: lekithos - λεκιθος) adalah istilah yang biasanya digunakan sebagai sinonim untukfosfatidil kolina, suatu fosfolipid yang menjadi komponen utama fraksi fosfatida pada ekstrak kuning telur atau kacang kedelai yang diisolasi secara mekanik, maupun kimiawi dengan menggunakan heksana.
Lesitin juga merupakan istilah sinonim dari senyawa organik lain yang sedikit berbeda:

dan sekarang aku browsing-browsing cari refrensi dan ternyata sahabat-sahabat blogging udah ada yang meng-share dan Upload tentang hal ini. mari aku kasih artikel nya

tapi ingat ya !! Baca Sampai Selesai dan Simpulkan sendiri

ini artikel di bawah saya kutip dari beberapa sumber biar bisa seimbang pemberitaan nya !

tapi ada yang menarik nya, saya lihat di bloger-bloger tentang lesitin yang mengandung babi

artikel nya menyebutkan Fungsi lesitin sendiri untuk mengikat dan menjaga tekstur agar tetap stabil dan tidak hancur. sehingga biasa digunakan untuk berbagai keperluan didunia Industri. Namun untuk sekarang ini saya fokuskan Lesitin sebagai bahan tambahan dalam industri coklat dan permen.

Dalam Industri Permen, Lesitin biasa digunakan dalam pembuatan permen lunak agar tekstur lunak dan kekenyalannya dapat diatur dan khas. Begitupula pada pembuatan coklat yang bertekstur khas, lesitin juga digunakan sebagai bahan tambahannya. 

Mungkin tidak akan menjadi masalah jika lesitin yang digunakan berasal dari kedelai atau nabati, justru yang menjadi masalah adalah ketika lesitin yang dipakai adalah lesitin hewani. 

Kita perlu mengetahui asal muasal dari lesitin tersebut apakah dari sapi, ikan ataukah justru dari babi.

Pembuatan Lesitin dari ikan, dan atau sapi relatif lebih rumit dan lama jika dibandingkan dengan pembuatan lesitin dengan menggunakan estrak babi, sehingga dipasaran justru lesitin babilah yang banyak diperdagangkan dan bisa jadi permen yang kita kunyah dan coklat yang kita makan juga mengandung lesitin babi, innalillah………hiiiiii ngeri…..

Pemerintah bukannya tinggal diam atau berpangku tangan tentang masalah ini, namun lemahnya pengawasan dan tidak adanya payung hukum yang mengatur tentang penggunaan lesitin babi membuat MUI tidak dapat berbuat apa-apa. 

Mungkin jika nantinya Pemerintah mewajibkan setiap produk yang dijual dipasaran itu harus mencantumkan label “Halal” maka InsyaAllah kita akan lebih terjamin dalam mengkonsumsi sesuatu. 

Sekarang kewaspadaan dirilah yang harus Anda tambah agar anda tidak menyantap makanan yang menurut anda halal namun sebenarnya mengandung ekstrak dari tubuh babi.

serta juga dari blog http://ikwanti.wordpress.com menyebutkan hal yang sama tentang lesitin mengandung babi
berikut penjelasan nya> 
Lesitin merupakan salah satu bahan pengemulsi makanan. 

Bahan ini dapat berasal dari bahan nabati (tumbuhan) dan dapat pula dari bahan hewani. Bahan nabati yang paling sering dipakai dan disukai karena kualitasnya adalah kedelai, sehingga digunakan istilah Soy Lechitine atau Soya Lechitine (Soja Lechitine). 

Bahan hewani yang paling sering dipergunakan adalah dari babi. Di samping karena kualitasnya yang paling baik, juga karena harganya relatif murah.
Hasil produk makanan yang menggunakan lesitin babi sangat bagus, rasanya gurih, nikmat, teksturnya lembut/lunak, dll. Oleh karena teknologi makanan (bakery, dll) sudah sedemikian maju, maka apabila lesitin yang dipakai oleh suatu perusahaan berasal dari kedelai, maka mereka tidak akan mau ambil resiko produknya tidak akan laku dijual (dihindari konsumen muslim dan para vegeterian). 


Untuk itu, apabila mereka menggunakan kedelai, maka akan langsung mencantumkan identitas ‘kedelai’ untuk mendampingi lesitin. Sehingga berhati-hatilah bila kita menjumpai suatu produk yang hanya ditulis ‘lesitin’ saja, tanpa embel-embel soja, soy, atau soya, karena bisa jadi lesitin tersebut berasal dari babi.

dan terakhir tentang manfaat lestin bagi tubug yang di kutip dari http://ellalayla.blogspot.com

Lecithine atau yang biasa kita dengar (sebut) sebagai lesitin merupakan salah satu keluarga lemak yang memiliki gugus fosfat dan terdapat sebagai kandungan tertinggi yang terdapat di dalam jaringan tubuh manusia, termasuk sobat tentunya. 

Jangan khawatir sob, zat lemak yang satu ini sangat besar manfaatnya bagi tubuh manusia dan tentunya tidak membahayakan.

Di dalam tubuh, zat lesitin menempati suatu bagian yang paling penting dalam pembentukan jaringan saraf. Itulah sebabnya keberadaan lesitin ini di dalam jaringan saraf sangat diperlukan karena merupakan nutrisi yang paling utama dari sel-sel saraf.

Kebutuhan zat lesitin di dalam tubuh kita hanya menempati 1% dari berat tubuh manusia, hampir sama dengan kebutuhan zat kalsium bagi tubuh (selain jaringan keras seperti tulang, kuku, gigi). 

Meskipun hanya sebesar 1% akan tetapi keberadaannya sangat vital (dan harus ada). Sedangkan menempati 30% dari berat otak manusia di dalam otak besar (sereberum).

Dari perbandingan persentase di atas, kira-kira sobat tau gak "Berapa persenkah porsi kebutuhan lesitin di dalam sel otak manusia ???

Berdasarkan beberapa penelitian yang sumbernya tidak terlalu jelas, disebutkan bahwa zat lesitin di dalam sel otak manusia porsinya mencapai 70% bahkan sampai 80% dari berat sel. Wahhh...cukup besar juga ya persentasenya ?! Secara gitu...namanya juga nutrisi utama sel otak.

Berikut ini beberapa manfaat lesitin bagi tubuh manusia :
  1. Pembentuk (penyusun) membran sel tubuh manusia. Membran sel inilah yang berfungsi sebagai pelindung sel yang mengatur keluar masuknya nutrisi ke sel dan berperan juga sebagai pengantar impuls (pesan) antar sel di dalam tubuh.
  2. Menjamin kesehatan dan fungsi normal membran sel otak besar.
  3. Meningkatkan kecepatan penyampaian pesan dari otak sehingga manusia mampu untuk berpikir dengan cepat dan cekatan sehingga bereaksi dengan cepat pula.
  4. Mampu meningkatkan daya ingat.
  5. Bersifat sebagai emulglator (pengemulsi = pengencer) kolesterol dan lemak jahat di dalam pembuluh darah.
  6. Mencegah terjadinya pengendapan lemak dan kolesterol di dalam pembuluh darah.
  7. Mampu memperbaiki dan mencegah pengerasan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung, stroke dan dimensia.
  8. Melindungi kesehatan organ lain seperti liver.
  9. Meningkatkan regenerasi sel-sel liver
  10. Dapat menguraikan toksin (detoksifikasi) di dalam tubuh secara alami.
  11. Meningkatkan fungsi hemoglobin.
  12. Memberikan zat air dan oksigen yang memadai bagi kulit sehingga kulit menjadi sehat, lembut, dan bercahaya.
Semoga ulasan singkat tentang manfaat lesitin bagi tubuh manusia di atas bermanfaat bagi kita semua dengan tujuan berbagi info sehat dan ilmu pengetahuan.


dan sekarang tentu anda dapat menyimpulkan nya sendiri  :)

bila saya simpulkan bila ada coklat dan permen yang berlogo halall maka saya percaya 
dan bila masih meragukan saya baca hamdalah terlebih dahulu :)

tetapi itu tergantung dengan pribadi masing-masing 
karena berbagai sumber menyebutkan lesitin dibuat dari kedelai dan kuning telur :)

satu lagi dari answers.yahoo

Yang di maksud adalah LECITHIN , dari mana dapat tahu kalau dibuat dari babi ?
Adalah zat organik didapat pada kuning telur karena itu diambil dari bahasa Junani Lekithos = kuning telur. isi kimiawinya adalah phosphatidyl-choline. 



Ternyata kemudian zat ini juga ditemukan di jaringan otak manusia atau hewan, telur ikan, cairan empedu juga terdapat pula di kacang kedelai.
Bisa saja kemudian karena alasan industri dan ekonomi diektrak dari jaringan otak sapi, kambing atau babi.


 
Kini kebanyakan diekstrak dari kedelai atai biji bunga matahari, karena lebih murah dan banyak bisa diperoleh.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 
 
Copyright © MXM BERBAGI INFO
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo