Kamis, 26 Januari 2012

Cara ampuh berjualan di Kaskus

kaskus11
Saya memakai kata “relatif” pada judul post di atas karena saya sakin tidak ada resep mutlak untuk sukses berjualan di situs terpopuler di Indonesia, KASKUS. Di dalam kaskus, semua member boleh menjual barang-barang miliknya secara bebas dan bertanggung jawab. Bebas dalam artian barangnya bsia apa saja asal tidak melanggar Term of Service Kaskus. Bertanggung jawab berarti si penjual siap menanggung semua risiko yang akan timbul akibat barang dagangannya. Oke Gan, langsung saja … ga pake lama. Ini dia langkah-langkah yang saya maksud itu:

1. Beri Kata Sambutan buat Agan-Agan
contoh:
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk Agan-Agan semua.
Wimkhan Clothing dengan senang hati mempersembahkan Kaus “El Nino” Fernando Torres.
BARANG PRE ORDER (Per 12 Pemesan langsung sablon dan kirim)
(Anda PESAN & TRANSFER UANG, lalu kami SABLON & KIRIM)
2. List barang yang akan dijual
a) Sebutkan nama barang dengan jelas plus beri kode kalau barang yang dijual banyak.
Kaus Torres El Nino
contoh:
El Nino Merah (N-11)
El Nino Hitam (N-12)
b) Tampilkan gambar barang yang akan dijual.
Semakin realis semakin baik. Gunakan spoiler kalau barang yang dijual banyak agar pengunjung tidak terlalu lama menunggu tampilnya barang-barang yang hendak Anda jual.
Contoh:
Adidas Predator Duramo Slide @ 490 ribu
Adidas Predator Duramo Slide @ 490 ribu

3. Beri bonus dan potongan harga atau gratis ongkos kirim!
Kalau bisa sih, semua pembeli enaknya dikasih bonus dan potongan harga. Tapi kalau Anda belum mampu melakukannya, bonus dan diskon bisa diberikan buat mereka yang berani beli banyak saja! Misalnya, harga produk per unit = Rp. 65.000, tapi kalau berani beli 1 lusin (12 unit), pembeli langsung mendapat diskon Rp 5.000 per unit sehingga total bonusnya adalah 12 X Rp 5000 = Rp. 60.000,-
Selain potongan harga, Anda juga bisa membebaskan pembeli yang berdomisili di kota anda dari biaya ongkos kirim. Kalau ada lagi bonus yang lain mohon tulis di komentar biar banyak yang dapat ilmu pengetahuan :)
4. Cantumkan jasa pengiriman atau kargo services beserta website-nya.
contoh:
PENGIRIMAN VIA TIKI JNE-Yogyakarta
www.tikijne.co.id
5. Cantumkan cara pemesanan.
contoh:
Data Pemesan
- NAMA : …………………………
- ID KASKUS : ……………….. (jika ada)
- ALAMAT LENGKAP : ………………………..
- NO. HP : …………………………
- YM : ………………….. (jika ada)
- KODE Barang : ……………..
- JUMLAH Barang : …………..
6. Cantumkan contoh data pemesan yang valid
contoh:
Data Pemesan
Nama : Wim Permana
Kaskus ID : wimkhan
Alamat Lengkap : Jalan KH ALi Maksum No. 130 Yogyakarta 55143
YM : wimkhan@yahoo.com
Email : wimkhan@gmail.com
HP : 081328351154
7. Cantumkan bank tempat tujuan pembayaran (semakin banyak banknya semakin baik)
Contoh:
BNI Syariah 0092160046 atas nama Wim Permana
atau
Mandiri Syariah 0092160046 atas nama Ahmad Rui Costa
8. Cantumkan keterangan tambahan
Contoh:
  1. Pesan & langsung transfer karena barang Pre-Order
  2. Data yang lengkap & LUNAS baru dikirim
  3. Waktu Pengiriman ± 3 hari (jika tidak ada kendala)
  4. Pengiriman dari Yogyakarta
  5. Barang yang sudah dibeli tidak dapat ditukar kembali (pastikan Anda memesan jenis dan ukuran barang dengan benar)
  6. Keluhan dilayani via panggilan telepon atau SMS dalam waktu 1 X 24 jam setelah barang sampai
  7. Pengiriman telat adalah tanggung jawab pihak jasa pengiriman, bukan penjual
9. Minta bookmark pengunjung
Mintalah para pengunjung thread Anda untuk membookmark lapak Anda. Maklum, siapa tahu ada penambahan produk dan diskon harga yang bisa memancing pengunjung lama untuk berkunjung lagi ke lapak anda.
10. Cantumkan sesi-sesi penjualan dan produksi barang
Bila sesi pemesanan ON berarti para pengunjung dan calon pembeli masih bisa memesan barang dagangan Anda. Bila off berarti barang yang dijual sudah tidak bisa dipesan lagi, kecuali kalau si penjual setuju. Begitu juga untuk urusan transfer dan produksi.
Contoh:
Sesi pemesanan : ON
Sesi Transfer : OFF
Sesi Produksi : OFF
Kalau ada penjual yang menulis sesi-sesi seperti di atas itu berarti pembeli untuk sementara hanya boleh memesan barang smeentara sesi transfer dan sesi produksi belum berjalan. Biasanya kalau jumlah pemesan sudah memenuhi kuota, maka si penjual akan mengganti sesi-sesi di atas menjadi:
Sesi pemesanan : OFF
Sesi Transfer : ON
Sesi Produksi : OFF
Dan begitu seterusnya. Paham kan?
11. Sering-sering sundul
Kata sundul di sini bukannya menyundul bola dengan kepala lho. Sundul di sini berarti me-reply post yang Anda buat sendiri dengan sesuatu, entah itu yang penting seperti daftar pemesan barang atau sampai yang remeh seperti “selamat pagi/siang/sore/malam gan“.
Buat apa sih menyundul? Kalau post atau lapak Anda banyak yang melihat dan mereply, pengunjung-pengunjung lain mungkin akan terpicu untuk mengklik, melihat-lihat, bahkan membeli barang yang anda jual. Ini adalah strategi dagang yang lumrah dan sederhana. Bukankah pada umumnya orang-orang senang berbelanja di tempat/lapak yang ramai dibanding lapak yang sepi, iya kan? Betul?
Oh ya, satu lagi nih, menyundul lapak-lapak orang lain juga disunahkan kok. Tapi ingat, jangan terlalu banyak dan membabi buta cuz moderator-moderatornya bisa ngamuk lalu mem-banned kalian.
12. Berdo’a!
Ada thread/post/lapak yang banyak dilihat dan di-reply, tapi yang beli sedikit. Tapi ada juga thread yang sedikit dilihat dan direply orang tapi malah banyak pembelinya. Itulah misteri ilahi dan misteri kaskus, rizki mah ditangan Allah, bukan manusia. Jadi jangan takut dan cepat-cepat putus asa kalau thread Anda sedikit pengunjungnya. Banyak pengunjung memang bikin senang, tapi banyak pembeli memang bisa bikin kantong tambah geli. Hihihihi …
Untuk melihat contoh lapak-lapak yang sudah saya buat, silahkan kunjungi lapak-lapak saya di kaskus. (Lapak Kaus Blacksweet & Lapak Kaus Torres) Saat ini saya banyak menjual kaos-kaos produksi Wimkhan Clothing (distro saya sendiri), ke depan tidak tertutup kemungkinan saya akan belajar menjual aneka produk selain kaos. So ditunggu ya aksi saya berikutnya. Hehehehehe … Semoga kita semua bisa sukses di Kaskus. Amin.
Contoh-contoh lapak laris di Kaskus
  1. [PRE ORDER] JAKET LIVERPOOL CHAMPIONS LEAGUE, AC MILAN, INTER MILAN Season 09_10 – Kaskus – The Largest Indonesian Community.mhtoleh by panonpoe. Check out here!
  2. [READY STOCK] POLO-SHIRT Manchester United, Chelsea, lierpool,Barca..dll..Harga Promo by edgarwins. Check out here!
Contoh-contoh lapak Wimkhan Clothing di Kaskus
  1. Lapak Kaus Blacksweet buat yang hitam manis.
  2. Lapak Kaus El Nino Fernando Torres.
Oke deh gan, itu dulu tips dan ilmu untuk hari ini. Di kesempatan yang lain, insyaallah saya akan berbagi ilmu lagi seputar pengalaman dan kesan-kesan berjualan di situs yang sempat dirumorkan akan dibeli oleh Google, kaskus. Btw kalau agan-agan juga punya ilmu atau pengalaman menarik, silahkan bertukar ajian-ajian kaskus di box komentar. Hihihihi …

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 
 
Copyright © MXM BERBAGI INFO
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo