Selasa, 23 April 2013

TPLMWSN #1a.Mengenal Apa Itu Domain?

Apa Itu Domain?

Bismillah - seperti janji minggu lalu sob,Pelajaran Blog bakal share seputar Tutorial Panduan Lengkap Membuat Website Sendiri dari Nol (TPLMWSN)

1.TPLMWSN #1.Mengenal Domain,Hosting dan Server2.TPLMWSN #2.Mengenal 000webhost.com dan Dot Tk (Hosting dan Domain Gratisan)
3.TPLMWSN #3.Cara Setting Domain dari sebuah Hosting
4.TPLMWSN #4.Panduan Bahasa Php,Database dan MySql untuk Pemula
5.TPLMWSN #5.Beberapa Script Php untuk Membangun sebuah Website
Dan seperti janji minggu lalu juga,pada sesi postingan ini kita bagi dalam beberapa bagian,diantaranya adalah TPLMWSN #1a.Mengenal Apa Itu Domain?.

Untuk pengertian domain dari wikipedia indonesia domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Sedangkan..

Menurut Pelajaran Blog,Domain tak ubahnya seperti huruf alphabet maupun angka juga simbol yang fungsinya untuk menampilkan alamat url sebuah website alias IP Address client server hosting dari file sebuah website.
Misal : alamat IP server tempat file website kita disimpan adalah 192.168.1.118. Pada dasarnya kita bisa saja menuliskan 192.168.1.118 pada browser untuk mengakses website yang kita miliki,tapi hal ini tentunya membutuhkan tenaga ekstra untuk mengingat deretan angka hanya untuk membuka sebuah halaman website.Nah, fungsi domain inilah yang akan mempermudah pengakses tanpa harus 'njlimet' mengingat deretan angka ip address suatu web.

Jadi jelas ya bro,bahwa dengan adanya domain ini kita bisa mengakses sebuah halaman situs tanpa harus mengingat deretan angka dari ip addres.
Banyak domain yang telah kita kenal seperti;(*.tk),(*.info),(*.web.id),(*.com),(*.org),(*.net),(*.co.cc),(*.or.id),dll.

Oke gan,untuk selanjutnya kita akan membahas TPLMWSN #1b.Mengenal Apa Itu Hosting?,jadi tunggu postingan kami selanjutnya ya.Insya Allah.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 
 
Copyright © MXM BERBAGI INFO
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo