Senin, 25 Februari 2013

Tips Mengenal Cuaca dari Tanda-tanda Alam

Cuaca juga bisa di kenali dari tanda - tanda alam, jadi, jika menemui tanda alam berikut ini, segeralah berbuat untuk mengamankan raga. Jangan anggap sepele, atau kadang yang sering terdengar, jika hujan turun, akan mengeluarkan ungkapan, " Ah, paling cuma basah dan dingin.." Padahal, di tengah alam, kita sulit memprediksi, akan seperti apa nanti jika hujan turun? Kebanyakan hujan di tengah alam bebas juga di sertai badai. Jadi ketahuilah sebelum terlambat.

KABUT 


Bila terdapat kabut tipis dan merata yang membumbung tinggi ke atas, berarti kurangnya uap air di udara dan itu menandakan cuaca akan selalu cerah. Cuaca yang terang benderang di pagi hari pertanda cuaca hujan pada hari itu, apabila kemarinnya telah turun hujan. Sedangkan langit yang ditutupi awan kemudian mulai terang pada pagi hari, menandakan cuaca cerah. Jika ada kabut di atas lembah pada pagi hari, hari itu pertanda cuaca akan baik, sedangkan di gunung - gunung menandakan akan turunnya hujan. Udara sejuk dan ada embun di pagi hari, menunjukkan bahwa cuaca baik tapi panas dan kering, biasanya hujan akan turun di siang hari.

AWAN 


ika langit diliputi awan tebal dan gelap menandakan akan turun hujan yang lebat. 

MATAHARI 


Apabila matahari terbit berwarna merah dan diliputi garis - garis awan yang kehitaman, pertanda akan ada hujan, tapi jika berwarna bersih dan terang cuaca pertanda baik. Matahari terbit dengan warna kemerah - merahan yang terang cuaca bertanda cuaca baik, jika warna merah dicampuri garis kekuning - kuningan pertanda akan hujan lebat. Jika matahari terbenam dengan warna kekuning - kuningan / orange pertanda akan ada hujan, tetapi bila warna merah muda pertanda cuaca akan baik. Warna merah pada matahari terbenam berarti akan terjadi angin yang cukup kencang.

BINTANG


Apabila pada malam hari di langit cahaya bintang terang sekali, maka sudah dipastikan bahwa pada malam itu cuaca akan cerah, sedangkan bila cahayanya tampak suram pertanda cuaca kurang baik / akan buruk.

BULAN


Bulan terlihat terang dan bersinar menandakan cuaca akan baik, tapi apabila bulan diliputi awan gelap di sekelilingnya, berarti hujan akan turun. Sedangkan jika ada lingkaran putih ( halo ) yang melingkari bulan menandakan tidak ada ketentuan cuaca pada malam ini.

sumber > KasKus > http://www.kaskus.co.id/thread/512b4a60ea74b4fa6300000b/tips-mengenal-cuaca-dari-tanda-tanda-alam/

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 
 
Copyright © MXM BERBAGI INFO
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo