Selasa, 24 Juli 2012

kepribadian Dilihat dari FaceBook



Para peneliti di University of Missouri, Amerika Serikat, telah mengembangkan skala baru untuk mengetahui kepribadian seseorang berdasarkan tingkat kepopuleran mereka di situs jejaring sosial.

Dari hasil studi ini diketahui bahwa mereka yang menyukai aktivitias berisiko tinggi ternyata lebih seringmeng-update status, mengunggah foto dan berinteraksi bersama teman-temannya.

Sementara mereka yang lebih kalem biasanya hanya melihat-lihat ‘news feed’ saja dan tidak banyak mengunggah foto dan kurang aktif berinteraksi di kalangan teman-temannya.

Heather Shoenberger yang merupakan mahasiswa program doktor Universitas of Missouri ini mengembangkan skala baru tersebut berdasarkan survei terhadap orang-orang mengenai cara mereka menggunakan Facebook, setelah itu mereka diminta untuk mengerjakan tes kepribadian.

 

Shoenberger memakai istilah ‘apetitif’ untuk mereka yang menyukai aktivitas berisiko tinggi dan ‘aversif’ untuk mereka yang lebih tenang.

Orang-orang ‘apetitif’ lebih suka berinteraksi dengan pengguna atau suatu konten yang lebih menantang, sementara para pengguna ‘aversif’ lebih menyukai hal-hal yang lebih aman dan mudah diprediksi.

Menurut Shoenberger, hasil studinya yang dipresentasikan di International Communication Association Conference di Phoenix, Amerika Serikat ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui target pasar oleh parapengusaha yang menggunakan jejaring sosial sebagai media promosi.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda dapat menggolongkan kepribadian Anda sebagai ‘apetitif’ atau ‘aversif’ berdasarkan cara Anda bermain Facebook selama ini?

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

 
 
Copyright © MXM BERBAGI INFO
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo